4 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Wajib Anda Miliki

jenis ikan hias air tawar

Hallo para pecinta ikan hias. Bagi Anda yang ingin menambah koleksi ikan yang lucu-lucu, di sini saya akan berbagi mengenai jenis ikan hias air tawar. Jenis ikan hias air tawar ini sangat cocok bagi Anda yang tidak suka kebisingan, melainkan menyukai ketenangan.

Selain itu jenis ikan hias air tawar ini mudah cara perawatannya. Dari mulai membersihkan kotoran dan bau yang tidak terlalu menyengat. Ditambah lagi untuk memelihara jenis ikan hias air tawar ini tidak memerlukan lahan yang luas. Cocok banget, bukan?

Oke, langsung aja yuk simak daftar jenis ikan hias air tawar  di bawah ini. Di bawah ini juga akan saya tunjukkan mengenai jenis ikan hias air tawar dan harganya, jenis ikan hias air tawar ecil dan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Ikan hias air tawar Arwana

Ikan arwana ini adalah ikan asli dari indonesia. Lebih tepatnya berasal dari papua dan kalimantan. Ikan arwana dijuluki sebagai ikan naga. Mempunyai 2 sungut yang terletak di bawah bibirnya.  Sungut tersebut berguna untul mendeteksi datangnya mangsa. Oleh sebab itu ikan arwana dijuluki sebagai ikan predator.

Harga termahal ikan arwana ini bisa mencapai 80 jt untuk induknya, jenis redblood. Untuk ikan arwana yang murah bisa didapatkan dengan harga ratusan ribu. Biasanya ikan arwana yang mahal dijual menggunakan sertifikat.

Ikan hias air tawar molly

Ikan hias molly ini masuk dalam kategori jenis ikan hias air tawar kecil. Meskipun kecil ikan molly ini mempunyai banyak varian. Warnanya pun warna-warni. Sangat indah dan mampu bersaing dengan ikan hias lainnya.

Bagi Anda pecinta ikan hias harap perhatikan jika memelihara ikan molly ini. Jangan ditempatkan bersama ikan predator. Karena ikan molly cenderung bersifat damai. Maka jika berada dalam satu tempat dengan ikan predator bisa dimangsa. Bahasa gaulnya dibully, haha.

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina yang indah itu bisa dilihat dari ukuran badannya. Ikan molly betina badannya besar cenderumg gendut. Sedangkan yang jantan kecil dan ramping. Karena molly termasuk jenis omnivora tentunya untuk memelihara ikan kecil ini tidak terlalu ribet. Ia biasanya makan pelet, lumut, tumbuh-tumbuhan dan cacing.

Ikan hias air tawar discus

Ini dia jenis ikan hias air tawar discus tentunya tidak asing bagi para pecinta ikan. Si raja ikan air tawar ini asalnya dari sungai amazon. Ikan discus ini memiliki banyak varian.

Ikan hias air tawar discus ukurannya 15-25 cm. Jika dilihat dari samping menyerupai cd kaset/ disk. Sementara jika dilihat dari depan tampak pipih dan bundar.

Untuk harganya sendiri sangat bervarian. Sebab mahal tidaknya discus dilihat dari warna dan besar tidaknya badan discus. Semakin besar dan bagus warnanya semakin mahal pula harganya. Bisa ditafsirkan harga mulai Rp35.000 hingga 1 jt.

Ikan hias air tawar betta fish / cupang

jenis ikan hias air tawar

Ikan cupang ini juga asli Indonesia, yang awalnya hidup bebas di sungai. Di negara lain juga ada ikan cupang, terutama Thailand. Jika Anda memiliki banyak ikan cupang sebaiknya jangan dicampurkan. Karena ikan cupang tersebut bersifat petarung jika sesama jenis.

Harga ikan cupang ini sangatlah varian. Untuk harga paling murah bisa Anda dapatkan dari harga Rp3.000 saja. Sementara yang mahal, biasanya diikutkan pertunjukan ikan hias bisa mencapai jutaan rupiah.

Itulah 4 jenis ikan hias yang wajib dimiliki oleh para pecinta ikan.

Leave a Reply